Dari hasil riset biro IDC akhir 2013, ada peningkatan penjualan smartphone sekitar 38,5% dari total penjualan di tahun 2012. Diperkirakan penjualan smartphone di tahun 2014 akan tetap naik apalagi tahun ini akan banyak gadget baru muncul. Berikut adalah 5 vendor yang menempati posisi teratas
1.Samsung
Hingga kini
Samsung belum tertandingi oleh pesaing-pesaingnya. Produsen Korea Selatan tak henti-hentinya mengeluarkan produk anyar dan handal. Sepanjang tahun 2013,
Samsung berhasil menjual 313 juta smartphone dengan menguasai 31,3% pasar. Itu berarti penjualan Samsung jauh meninggalkan pesaingnya.
2.Apple
Walau dikenal sebagai produk smartphone yang mahal, masih banyak orang yang membelinya karena percaya dengan kualitas aplikasi iphone. Akibatnya
Apple berhasil menjual 135,9 juta unit smartphone dengan pangsa pasar 15,3% di tahun 2013. Sedangkan pada tahun 2012, Apple berhasil menjual 135,9 juta unit smarphone dengan pangsa pasar 18,7%
3.Huawei
Merupakan salah vendor yang sedang melejit di pasar global. Dari hasil survei, pada tahun 2013, Huawei berhasil membukukan penjualan 48,8 juta unit smartphone dengan pangsa pasar sekitar 4,9%. Statistik ini jauh lebih tinggi dari tahun 2012 yang pada tahun tersebut Huawei hanya menjual 29,1 juta unit smartphone atau sekitar 4% pangsa pasar.
4.LG
Didukung oleh lebih gencarnya promosi dan model smartphone baru yang lebih atraktif, produsen asal Korea Selatan ini, berhasil menjual 47,7 juta unit smartphone selama tahun 2013 itu berarti 4,8%. pangsa pasar dikuasai oleh LG. Pertumbuhan penjualan LG tersebut jelas lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Pada saat itu, tahun 2012,LG hanya membukukan penjualan 26,3 juta unit smartphone dengan pangsa pasar 3,6%.
5. Lenovo
Dengan harga yang terjangkau dan didukung oleh brand yang yang sudah dikenal, vendor asal China ini, berhasil menjual 45,5 juta smartphone selama tahun 2013 itu berarti 4,5% pangsa pasar dikuasai oleh lenovo. Pertumbuhan penjualan Lenovo mencapai seratus persen atau dua kali lipat dari tahun 2012. Ini tak lain oleh jitunya strategi pemasaran Lenovo.
Lalu bagaimana dengan Nokia,
Blackberry dan beberapa brand terkenal lainnya? Sepertinnya mereka harus bekerja extra untuk dapat bersaing di masa yang akan datang.